Minggu, 21 Oktober 2018

Tren SI/TI di Bidang Industri

TREN SI/TI di Bidang Industri

Pada perkembangan teknologi yang pesat pada zzaman ini, tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi merupakan kebutuhan pokok dalam melakukan kegiatan sehari - hari dan dalam berbagai bidang, baik itu bidang pendidikan, perdagangan, industri dan bidang - bidang lainya. dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Tren teknologi di bidang industri,
Tidak bisa dipungkiri, apabila suatu perusahaan Industri tidak mengikuti dan menggunakan teknologi sesuai dengan perkembanganya maka hampir bisa dipastikan, perusahaan industri tersebut akan mendapat kerugian dan tidak efisien dalam melakukan kegiatan industri
Pada pembahasan dibawah ini saya akan membahas beberapa Tren Teknologi yang digunakan pada Bidang Industri




1. 3D Printing


        3D printing atau percetakan 3D sudah banyak dilakukan perusahaan - perusahaan industri demi memproduksi model, rangka atau apapun obyek 3D yang dibutuhkan, mesin 3 dimensi dapat menghasilkan produk yang sama dengan hanya satu kali proses bahkan tanpa memerlukan proses pengelasan dan perakitan.


        Percetakan 3D dapat mengurangi limbah dengan daur ulang plastik dan mengurangi waktu tunggu untuk suku cadang dan juga transformasi. Teknologi yang satu ini sangat berguna bagi industri manufaktur terutama untuk produksi dalam skala besar seperti mainan dan juga alat kesehatan.

 2. Artificial Inelligence (Kecerdasan Buatan)



          Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan yang di desain oleh programmer pada sebuah sistem atau mesin,yang memiliki kemampuan mengerjakan tugas - tugas tertentu sesuai dengan Algoritma yang ada Pada AI tersebut sehhingga memudahkan perusahaan  dalam menjaga ketepatan dan keoptimalan hasil dari suatu manufaktur 


3. Otomatisasi Manufaktur


 
           Dalam hal ini kegiatan manufaktur yang ada pada perusahaan akan dibantu oleh Teknologi canggih seperti robot- robot produksi, dengan menggunakan teknologi seperti ini perusahaan dapat menghemat biatya karen tidak perlu membayar pekerja, hanya perlu melakukan perawatan  rutin pada mesin - mesin tersebut.

            Selain itu Hasil yang dikerjakan oleh mesin - mesin ini lebih baik dan optimal ketimbang dkerjakan menggunakan tangan manusia, tentu saja manusia juga dibutuhkan untuk merawat dan memperbaiki mesin - mesin, ini bila terjadi keruskana.

4. Cloud Storage

          Perusahaan memiliki data - data yang banyak sehingga membutuhkan, alat penyimpanan yang besar, banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan cloud storage ini sebagai media penyimpanan data - data perusahaan, Cloud Storage ini sendiri merupakan tempat penyimpana data yang di setorkan ke internet dan disimpan pada server tertentu, jadi tidak perlu menggunakan USB atau harddisk.

          Cloud Storage ini juga relatif memiliki ukuran penyimpanan yang lebih besar dibandingkan USB, manfaat lain adalah Karena data berada di “internet”, tentu saja kita bisa dengan mudah mengaksesnya. Dengan catatan ada koneksi internet. Tidak perlu repot membawa perangkat (beserta kabel) terlalu banyak.

5. Augmented Reality


           Pemetaan proyeksi, dikenal sebagai pemetaan video atau augmented reality spasial teknologi proyeksi yang memetakan cahaya ke permukaan seperti bangunan, mobil, panggung teater atau objek dalam ruangan. Perangkat lunak ini secara spasial memetakan permukaan 2D atau 3D dan berinteraksi dengan proyektor agar sesuai dengan gambar ke objek fisik dan sejajar dengan fitur-fiturnya. 

6. Perspektif Berbeda dengan Drone


           Dalam beberapa tahun terakhir drone telah berkembang pesat dalam popularitas di sektor konsumen. Seiring berkembangnya teknologi drone, semakin banyak industri yang menggunakan drone. Industri menikmati sensasi baru dan perspektif baru drones dapat meningkatkan acara ataupun pameran. Kebanyakan drone digunakan sebagai kamera terbang untuk menangkap rekaman yang menakjubkan.
       Drone juga dapat digunakan untuk mengcapture acara atau kegiatan seperti pertandingan olahraga atau balapan. Hal ini juga dapat memberikan perspektif yang berbeda dari acara lain termasuk pameran indoor dan outdoor. Rekaman yang diambil dapat ditampilkan langsung ke layar atau dapat disiarkan langsung. 

         Dari ke 6 Tren teknologi dibidang industri diatas bisa kita simpulkan bahwa Penggunaan teknologi dalam melakuakan kegiatan manufakutr di bidang industri dapat memudahkan dan mengoptimalkan hasil ang didapat, serta menghemat biaya yang dikeluarkan dalam memenuhi kebutuhan kegiatan industri.

Sumber:

http://www.conference-news.co.uk/blogs/5-technology-trends-you-need-know-events industry
https://glints.com/id/lowongan/tren-industri-manufaktur/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Pakar